Menpora targetkan Indonesia 5 besar Olimpiade pada 2045

Atlet berprestasi harus dibina dari talenta-talenta atau by design bukan ditemuka by accident seperti yang terjadi selama ini.

Menpora Zainudin Amali dalam sambutan Haornas yang dipantau online, Jumat (9/9/2022). Foto YouTube Kemenpora

Kementerian Pemudah dan Olahraga merayakan Hari Olahraga Nasional (Haornas) yang diselenggarakan di Balikpapan, Kalimantan Timur. Acara Puncak Haornas tersebut dihadiri oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin beserta Istri Wury Ma’ruf Amin, Menpora Zainudin Amali beserta ibu Nadya Zainudin Amali, Ketua dan Anggota Komisi X DPR RI, Gubernur Kalimantan Timur dan Wali Kota Balikpapan.

Haornas merupakan ajang pertemuan insan pelaku olahraga yang diperingti oleh masyarakat Indonesia setiap 9 September. Pada tahun ini, Indonesia merayakan hari Peringatan Olahraga yang ke-39 dengan tajuk “Bersama Cetak Juara”.

“Lahirnya Peraturan Presiden (Perpres) No.86 Tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) diharapkan mampu memberikan kontribusi bidang olahraga Indonesia yang berkarakter tangguh dan berprestasi dunia," ujar Menpora, dalam sambutannya yang dipantau online, Jumat (9/9).

DBON telah mengatur dari hulu hingga hilir. Hulu olahraga nasional adalah kebugaran nasional dan hilirnya adalah prestasi. Isi dari DBIN telah mengatur dari hulu sampai hilir yang melibatkan kementerian, pemerintah pusat, pemerintah daerah dan langsung dipimpin Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

DBON lahir sebagai pedoman dalam pembinaan atlet prestasi. Menurutnya, atlet berprestasi harus dibina dari talenta-talenta atau by design bukan ditemuka by accident seperti yang terjadi selama ini.