OPINI: Tak pernah Singapura ke Piala Asia

Percaya proses? Prestasi? Garuda mendunia? Begitulah tiga pertanyaan tim gurem terus bermimpi.

Laga final Pesta Olahraga Asia Tenggara 1983 antara Singapura vs Thailand di Stadion Nasional Singapura. Foto nas.gov.sg


Empat kali juara Piala AFF tidak pernah ke Piala Asia. Jangan remehkan Singapura. Meskipun negara-kota Melayu itu tidak pernah lolos Piala Asia. Singapura sangat menentukan nasib pemain bintang Indonesia. Akan bersinar terang atau redup sesuram-suramnya di Piala Asia nanti.

Sebutlah, ACA Football Partners Pte. Ltd. Entitas bisnis dari Singapura. Pemilik klub KMSK Deinze. Klub kasta kedua Belgia yang menyewa Marcelino Ferdinan.

Tak ada hubungan mereka dengan timnas Singapura. Kaitannya justru dengan timnas Indonesia.

Marcelino diminta PSSI memperkuat tim di Piala Asia U-20 2023 di Uzbekistan Maret lalu. Tapi KMSK Deinze tidak memberi izin. Alasannya? Si pemain belia 19 tahun harus membela klubnya sampai akhir musim.

Sampai akhir musim itu juga klubnya tak kunjung dibela Marcel. Nomor punggungnya menghilang di KMSK Deinze. Tak pernah masuk line-up ketika rekannya bertanding. Alasan apa lagi? Dia butuh adaptasi. Permintaan PSSI ditampik klub kasta kedua Belgia. Agak memalukan, bagaimana begitu.