Penuhi target, Indonesia peringkat tiga SEA Games 2021 Vietnam

Jokowi mengharapkan agar di SEA Games kali ini Indonesia dapat meraih peringkat yang lebih baik.

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Zainudin Amali menjadi inspektur upacara pengukuhan kontingen atau tim Indonesia untuk SEA Games 2021 yang digelar di Hall A Basket Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (8/5/2022). Foto kemenpora.go.id

Kontingen Indonesia bertahan di peringkat tiga besar SEA Games 2021 Vietnam. Indonesia berada di bawah Vietnam dan Thailand. Indonesia meraih total 242 medali yang terdiri dari 69 emas, 92 perak, dan 81.

Tuan rumah Vietnam kokoh bertahan di peringkat pertama dengan raihan 439 medali, terdiri dari 206 emas, 123 perak, dan 111 perunggu. Thailand meraih 326 medali, terdiri dari 92 emas, 101 perak, 134 perunggu

Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali menyampaikan, keberhasilan Indonesia masuk tiga besar di SEA Games kali ini berkat kerja keras semua pihak, khususnya para atlet. Ini juga menjadi bukti bahwa Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) sudah berjalan di jalur yang benar.

"Dibandingkan SEA Games Filipina sebelumnya, dari sisi jumlah keberangkatan atlet sudah berbeda. Di Filipina sekitar 800 lebih atlet, SEA Games 2021 Vietnam kali ini hampir separuh lebih sedikit atlet yang berangkat. Alhamdulillah medali yang kita raih sudah memenuhi harapan dan kita berhasil masuk tiga besar," Amali dikutip dari laman resmi Kemenpora, Senin (23/5).

Menpora berterima kasih kepada seluruh pihak terkait, mulai dari para atlet, Chef de Mission, Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) hingga Duta Besar RI untuk Vietnam.