Presiden Korsel kecewa tidak dapat menghadiri pembukaan Olimpiade

Kendati begitu, diskusi yang tengah berlangsung akan mengarah pada pertemuan para menteri luar negeri Korea Selatan dan Jepang.

Presiden Moon Jae-in saat berpidato pada peringatan tiga tahun pelantikannya di Blue House, Seoul, Korea Selatan, Minggu (10/5/2020). Foto Antara/Kim Min-Hee/Pool via Reuters

Presiden Korea Selatan Moon Jae In menyatakan kekecewaannya, karena tidak akan mengunjungi Jepang untuk upacara pembukaan Olimpiade Tokyo, demikian dijelaskan pejabat senior kantor kepresidenan, Selasa (20/7).

Padahal, Pemerintah Korea Selatan telah menyerukan pembicaraan puncak antara Moon dan Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga, untuk menyelesaikan masalah bilateral yang mendesak sebagai syarat kunjungan presiden ke Jepang.

Sekretaris komunikasi publik di kantor kepresidenan di Korea Selatan Park Soo Hyun menjelaskan, Moon juga berharap pertemuan puncak dengan Suga akan diadakan dalam waktu dekat dan menginstruksikan pejabat pemerintah untuk melanjutkan diskusi dengan Jepang. 

Park mengatakan pemerintah kedua negara telah membahas kunjungan Moon dan telah membuat kemajuan besar, tetapi mereka tidak akan mengungkapkan rincian apa pun.

Sekretaris Komunikasi Publik juga mengatakan diskusi yang tengah berlangsung akan mengarah pada pertemuan para menteri luar negeri Korea Selatan dan Jepang.