Rexy Mainaky kembali ke Malaysia, ini harapan BAM kepadanya

Kembali bergabungnya Rexy tersebut setelah hengkang pada 2012, diharapkan mengembalikan kesuksesan sektor ganda Malaysia.

Mantan pelatih kepala timnas bulu tangkis Thailand dan legenda ganda putra Indonesia Rexy Mainaky. Foto twitter.com/TeamMsia

Mantan pelatih kepala timnas bulu tangkis Thailand dan legenda ganda putra Indonesia Rexy Mainaky pada Senin (25/10), telah bergabung dengan Badminton Association of Malaysia (BAM). Dalam organisasi penaung bulu tangkis Malaysia tersebut, Rexy menempati posisi wakil direktur kepelatihan. Ia dijadwalkan memulai tugasnya di posisi baru tersebut per Rabu (1/12).

“Persatuan Badminton Malaysia dengan senang hati mengumumkan penunjukkan Rexy Mainaky sebagai wakil direktur kepelatihan. Mantan juara dunia ganda putra dan peraih medali emas Olimpiade 1996 tersebut akan bekerja sama dengan Direktur Kepelatihan Wang Choong Hann. Dalam peran ini, Rexy akan memberikan masukan teknis kunci dalam bidang performa. Ia akan secara spesifik bekerja di sektor ganda dengan tim nasional, di mana dia secara resmi ditugaskan mengawas dan memajukan performa atlet-atlet ini,” kata BAM.

Rexy Mainaky secara luas dikenal publik Indonesia sebagai peraih medali emas Olimpiade 1996 di Atlanta, Amerika Serikat. Bersama dengan Ricky Subagja, Rexy meraih lebih dari 30 juara internasional sepanjang karier ganda putranya. Pada 2017, Rexy bergabung dengan dengan Asosiasi Bulu Tangkis Thailand (BAT), setelah sebelumnya menjadi pelatih di Inggris dan Malaysia serta Kabid Binpres PBSI era 2013-2016 setelah mengakhiri karier bermainnya pada 2001.

“Kami senang Rexy akan bergabung dengan tim kepelatihan,” ujar Tan Sri Dato’ Sri Mohamad Norza Zakaria, Presiden BAM seperti dikutip dari pernyataan resmi BAM.

“Penunjukkan ini penting untuk memperkuat perkembangan yang telah dibuat Asosiasi (Bulu Tangkis Malaysia, BAM) selama beberapa tahun terakhir dalam usaha kami yang tiada henti mengejar kesuksesan,” tambahnya lagi.