Tendangan bebas Luthfi antar Indonesia ke final

Gol dari eksekusi tendangan bebas Luthfi tersebut sekaligus mengantarkan Garuda Muda menjejaki partai final

Pemain Timnas U-22 Indonesia Asnawi Mangkualam Bahar (tengah) berebut bola dengan pemain Vietnam Nguyen Huu Thang dalam pertandingan Semi Final Piala AFF U-22 di Stadion Nasional Olimpiade Phnom Penh, Kamboja, Minggu (24/2)./AntaraFoto

Sebuah gol yang dicetak gelandang tim nasional Indonesia U-22, M Luthfi Kamal Baharsyah, memastikan kemenangan 1-0 atas Vietnam dalam babak semifinal PIala AFF U-22 di Stadion Nasional, Phnom Penh, Kamboja, Minggu sore.

Gol dari eksekusi tendangan bebas Luthfi tersebut sekaligus mengantarkan Garuda Muda menjejaki partai final, menantikan pemenang laga semifinal lain antara tuan rumah Kamboja melawan Thailand yang berlangsung Minggu malam.

Laga babak pertama berjalan cukup imbang dan kedua tim sama-sama memiliki peluang yang mengancam gawang satu sama lain, namun hingga 45 menit dan dua menit tambahan berakhir tak ada gol tercipta.

Indonesia tampil lebih percaya diri mengawali babak kedua ketika Witan Sulaiman melepaskan umpan silang ke area tiang jauh yang disambut dengan tandukan tajam Marinus Wanewar, namun kiper Phan Van Bieu melakukan pengorbanan dengan membenturkan badannya ke tiang demi menghalau bola.

Laga semakin panas ketika Osvaldo Haay terpancing emosinya oleh kontak fisik pemain Vietnam, namun di hari ulang tahunnya, Marinus justru hadir menjadi penengah dari situasi tersebut.