Cek fakta: Kata Prabowo, Indonesia tak produksi apa-apa

"Bangsa Indonesia tidak produksi apa-apa. Kita hanya bisa menerima bahan produksi dari bangsa-bangsa lain,” ujar Prabowo Subianto.

Pasangan nomor urut 02 Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno mengikuti debat kelima Pilpres 2019 di Hotel Sultan, Jakarta, Sabtu (13/4). /Antara Foto.

Calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto dalam menyampaikan visi dan misinya mengatakan, kekayaan nasional mengalir ke luar negeri dan kita tak produksi apa-apa.

“Bahwa kekayaan nasional Indonesia mengalir ke luar negeri, lebih banyak uang warga negara Indonesia di luar. Bangsa Indonesia tidak produksi apa-apa. Kita hanya bisa menerima bahan produksi dari bangsa-bangsa lain,” ujar Prabowo Subianto di Hotel Sultan, Jakarta, Sabtu (13/4).

SALAH

Indonesia sudah memproduksi alutsista jenis kapal selam yang dinamakan KRI Alugoro-405 yang diproduksi PT PAL Indonesia. Kapal selam ini diresmikan pada 11 April 2019 di Dermaga Fasilitas Kapal Selam PT PAL Surabaya, dan dihadiri Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu dan Kepala Staf Angkatan Laut, Siwi Sukma Adji.

Selain itu, dilansir dari situs PT Pindad, berbagai produk pendukung militer juga dihasilkan oleh BUMN di bisnis industri pertahanan ini. Misalnya, munisi kaliber 5,56 mm, senapan serbu (SS-2), dan Panser Anoa 6x6. Seluruh alutsista ini diekspor ke beberapa negara.