Jokowi bakal lebih banyak senyum

Publik menginginkan Jokowi tampil lebih bersahabat. 

Presiden Joko Widodo menyampaikan arahan kepada penerima Bantuan Sosial Program Keluarga Harapan (PKH) Tahun 2019 di Sukmajaya, Depok, Jawa Barat, Selasa (12/2). Foto Antara

Calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) bakal tampil rileks pada gelaran debat kedua Pilpres 2019. Menurut Direktur Program Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf, Aria Bima, publik menginginkan Jokowi tampil lebih bersahabat. 

"Satu hal yang beda bahwa kali ini Pak Jokowi tidak akan serius-serius amat. Tampilannya akan lebih banyak senyum. Respons publik menginginkan Pak Jokowi lebih (banyak) smile, lebih friendly di dalam melakukan acara-acara debat," kata Aria di area debat di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2) malam. 

Senada, Menteri Sekretaris Negara Pramono Anung mengatakan, Jokowi akan tampil lebih santai. "Apapun yang berkaitan impor, listrik mengenai infrastruktur itu sudah di luar kepala beliau," ujar Pramono. 

Sejak pagi, Pramono mengatakan, Jokowi terlihat tenang. Jokowi masih sempat bercengkrama dengan keluarganya jelang debat kandidat.

"Kebetulan saya seharian sama beliau. Beliau santai sekali hari ini. Bahkan, tadi siang sempat makan siang dengan cucunya sama anak di Kelapa Gading," paparnya.