Keputusan MK dinilai yang terbaik untuk bangsa

Apapun hasilnya nanti di MK, setiap pihak diminta menghormati dan menghargai hasil hukumnya karena hukum di atas segalanya.

Pengendara sepeda melintas di depan Gedung Mahkamah Konstitusi, Jakarta, Senin (24/6)./AntaraFoto

Sejumlah pihak meyakini Mahkamah Konstitusi akan mengeluarkan putusan terbaik terkait sengketa hasil Pemilu Presiden (Pilpres) 2019 sesuai asas hukum dan memiliki kredibilitas.

"Para Hakim MK itu orang-orang pintar di bidang hukum. Mereka negarawan sesuai UUD 1945, enggak ada yang berpihak ke salah satu pasangan capres. Jadi kita harus percaya mereka bahwa putusannya kredibel," kata Ketua Umum Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Jimly Asshiddiqie dalam keterangan tertulis, Kamis (27/6).

Apapun hasil nanti, jelas Jimly, semua pihak diminta menghormati dan menghargai karena hukum di atas segalanya. Putusan majelis hakim MK tidak hanya yang terbaik kepada kedua kubu capres yang bersengketa, tapi juga untuk bangsa Indonesia.

Mantan Ketua MK itu mengatakan, seringkali keputusan Majelis Hakim tak memuaskan pihak yang kalah. Kendati begitu, dia menilai itu hal lumrah sebab majelis hakim pasti punya pertimbangan terbaik dalam putusan.

"Mana ada putusan hakim itu bisa dianggap memuaskan semua pihak. Yang menang saja kadang masih merasa kurang puas. Tapi bagaimanapun putusan majelis hakim harus dipatuhi dan dihormati," kata dia.