Ketika relawan capres saling beralih dukungan

Bagaimana posisi dan peran relawan dalam dukungan kepada capres?

Ilustrasi relawan. Alinea.id/Aisya Kurnia

Menjelang pendaftaran calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) untuk Pilpres 2024, sejumlah relawan pendukung capres beralih dukungan. Paling kentara, saling berpindah dukungan antara relawan pendukung Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto.

Teranyar, pada awal September 2023 Relawan Milenial Ganjar Pranowo di Jawa Timur mengalihkan dukungan ke bakal capres Prabowo Subianto. Pada 16 September 2023, ratusan eks relawan Prabowo pada 2014 dan 2019 di Jawa Barat, mendeklarasikan dukungan ke Ganjar.

Relawan pendukung Joko Widodo pada Pilpres 2014 dan 2019 yang tergabung dalam Pro Jokowi (Projo) pun tak lantas mendukung Ganjar, yang notabene satu partai politik, yakni PDI-P, dengan Jokowi. Misalnya, awal September 2023, Projo Jawa Tengah malah berganti nama menjadi Garuda Nusantara 08, memberi dukungan kepada Prabowo. Hal serupa terjadi pada relawan Jokowi Mania (Joman).

Pada Februari 2023, mantan Ketua Joman, Immanuel Ebenezer atau akrab disapa Noel, menyatakan dukungan kepada Prabowo. Padahal, sebelumnya, Joman mendukung Ganjar sebagai capres dengan membentuk Ganjar Pranowo (GP) Mania. Noel kini menjadi Ketua Umum Prabowo Mania 08.

Alasan beralih dukungan