Lingkaran pengusaha Sandi yang mendukung Jokowi-Ma'ruf

Pengusaha tentu punya kepentingan untuk mendapatkan sejumlah kemudahan dalam tiap kebijakan yang dikeluarkan paslon capres-cawapres.

Capres dan Cawapres Prabowo dan Sandiaga saat berkampanye./Antara Foto

Kurang dari sebulan menjelang Pemilihan Umum (pemilu), sejumlah pengusaha mendeklarasikan dukungannya kepada pasangan calon (paslon) presiden dan wakil presiden. Yang menarik para pengusaha yang mendeklarasikan dukungan kepada pasangan calon Joko Widodo-KH Ma'ruf Amin (Jokowi-Ma'ruf Amin) sebenarnya punya kedekatan emosional dengan Sandiaga Salahuddin Uno. 

Ketua Kamar Dagang Indonesia (Kadin Indonesia) Rosan Perkasa Roeslani misalnya, adalah teman sebangku Sandi saat bersekolah di SMA Pangudi Luhur, Jakarta Selatan. Rosan bisa dibilang adalah orang yang berjasa bagi Sandi. 

Ceritanya, Sandi baru saja di-PHK pada tahun 1997. Kemudian Rosan mengajak mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta tersebut mendirikan perusahaan konsultan keuangan dan investasi, PT Republik Indonesia Funding pada tahun 1997. 

Pengusaha media yang juga Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Amin, Erick Thohir juga dekat dengan Sandi. Sandi dan Erick adalah teman satu sekolah sejak SD hingga kuliah di Amerika Serikat (AS). 

Selain Rosan dan Erick, pengusaha pendukung Jokowi adalah Hariyadi Sukamdani. Dia adalah bos Sahid Group yang juga merupakan Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) dan Ketua Asosiasi Pengusaha Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI).