Pidato penetapan bacawapres, Mahfud singgung cita-cita Indonesia emas 2045

Ganjar dinilainya adalah figur yang tepat memimpin bangsa Indonesia untuk mewujudkan semua cita-cita itu.

PDIP resmi mengumumkan nama Mahfud MD sebagai pendamping Ganjar Pranowo pada Pemilu 2024. Foto: facebook.com/PDIPerjuangan

Bakal calon wakil presiden (bacawapres) Mahfud MD menyinggung cita-cita Indonesia untuk tahun emas 2045.

Menurutnya, hal itu bisa terwujud dengan sejumlah syarat, yakni ideologi bangsanya kokoh, ekonominya baik, hukum dan keadilannya ditegakkan, politiknya demokratis, budaya gotong royongnya hidup, serta mengedepankan persaudaraan.

Mahfud mengatakan, bila penegakan hukum dilakukan dengan benar, maka setengah masalah dari bangsa ini sudah dianggap tuntas. Maka, dianggap perlu untuk memprioritaskan pemberantasan korupsi, kepastian hukum, dan konsistensi dalam implementasi penegakannya, memberi jaminan bagi investasi dan pembangunan ekonomi serta memberi perlindungan kepada masyarakat. 

“Kalau hukumnya bagus, maka segala aspek kehidupan masyarakat akan bagus juga. Misalnya di bidang sosial politik budaya pertahanan keamanan dan ekonominya,” katanya usai diusung menjadi bacawapres di DPP PDI Perjuangan, Rabu (18/10).

Menkopolhukam ini mengatakan, dalam pembangunan politik, Indonesia menganut demokrasi di mana kekuasaan berada di tangan rakyat. Sementara, dalam implementasinya, demokrasi membutuhkan nomokrasi.