Peluang Timnas AMIN bantu menangkan Anies-Imin pada Pilpres 2024

Pengamat politik UIN Adi Prayitno meyakini kalau Timnas Pemenangan AMIN sama kuat dengan tim kampanye pasangan lain.

Pengumuman Timnas Pemenangan AMIN. Foto: facebook.com/zehansniha/photos

Pasangan calon presiden Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar akhirnya mengumumkan personel Tim Nasional (Timnas) Pemenangan AMIN. Di mana, Marsekal Madya TNI (purn) Muhammad Syaugi Alaydrus ditunjuk sebagai Kapten Timnas Pemenangan AMIN.

Ini berarti, semua pasangan calon sudah merilis tim pemenangannya masing-masing. Di mana, pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD mempercayakan Arsjad Rasjid, sebagai Ketua TPN Ganjar Pranowo-Mahfud MD. Sedangkan pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka mempercayakan Rosan Roeslani sebagai Ketua TKN.

Bila dibandingkan dengan pasangan lain, hanya Kapten Timnas Pemenangan AMIN saja yang mempunyai latar belakang militer. Sementara, Ketua TPN Ganjar-Mahfud dan Ketua TKN Prabowo-Gibran, memiliki latar belakang pengusaha. Hal itu tampaknya berdampak kepada strategi yang bakal dimainkan untuk memenangkan pasangan calon yang didukung.

Seperti diketahui pada sistem pemilihan langsung, tim kampanye bakal memiliki peran yang lebih menonjol dalam upaya menciptakan citra para kandidat yang sesuai dengan keinginan publik. Itulah sebabnya, tim kampanye pasangan calon presiden memilih peran yang tidak kalah penting dalam pelaksanaan pemilihan presiden.

Lantas seberapa kuatkah Timnas Pemenangan AMIN? Pengamat politik UIN Adi Prayitno meyakini kalau Timnas Pemenangan AMIN sama kuat dengan tim kampanye pasangan lain.