Nyapres, Puan Maharani-Airlangga Hartarto tak ada harapan menang

"Peluang keduanya untuk menang dalam pemilihan presiden mendatang masih sangat kecil."

Baliho Ketua DPP PDIP, Puan Maharani (tengah), dan Ketua Umum DPP Partai Golkar, Airlangga Hartarto (kanan). Kompasiana/Hendra Wardhana

Ketua DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Puan Maharani, dan Ketua Umum DPP Partai Golkar, Airlangga Hartarto, dinilai tidak memiliki harapan untuk memenangi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Pangkalnya, dukungan kepada keduanya masih rendah bahkan tak mengalami kemajuan.

"Dukungan pada Puan dan Airlangga sangat rendah dan tidak mengalami kemajuan. Peluang keduanya untuk menang dalam pemilihan presiden mendatang masih sangat kecil," ucap Direktur Riset Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), Deni Irvani, saat mempresentasikan hasil surveinya, Minggu (21/8).

Dicontohkannya dengan hasil skenario pertanyaan semiterbuka, yang memuat 43 nama yang digadang-gadang akan maju pada pilpres. Hasilnya, responden yang memilih Puan hanya 1%, sedangkan Airlangga Hartarto 0,5%. 

Deni menambahkan, dukungan kepada Puan dan Airlangga tidak mengalami kemajuan dalam 18 bulan terakhir. Padahal, keduanya merupakan pimpinan partai terbesar.

Dalam pertanyaan semiterbuka riset Maret 2021, misalnya, Puan cuma dipilih 0,5%. Sementara itu, Airlangga hanya meraih 0,1%.