Pemerhati milenial: Suara anak muda untuk Anies Baswedan

Nama Anies Baswedan dinilai sudah lekat di benak anak muda, baik generai Z maupun generasi Y.

Ilustrasi-Generasi yang lahir dari 1980-an, sampai dengan awal 2010-an banyak mengidolakan Anies Baswedan. Foto: twitter.com/aniesbaswedan

Memasuki bulan kemerdekaan ke-78 alias Agustus 2023 ini ada beberapa video viral di media sosial. Salah satunya tentu saja video lomba-lomba Agustusan yang lucu dan membuat sakit perut. Selain itu, ada juga video-video terkait penerimaan mahasiswa baru. Bulan ini memang bulan orientasi kampus bagi mahasiswa baru di berbagai kampus di Indonesia. 

Salah satu video paling viral terkait acara orientasi kampus terjadi di Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto, Jawa Tengah.  Dalam acara orientasi di Unsoed, hadir Bupati Banyumas Achmad Husein untuk memberikan sambutan kepada mahasiswa baru. 

Alih-alih memberikan sambutan, Achmad memilih untuk berdialog dengan para mahasiswa baru. Uniknya, di tengah dialog tersebut, muncul pertanyaan yang mengagetkan audience, termasuk lima mahasiswa yang diundang ke atas panggung untuk diproyeksikan jadi staf milenial-walau lebih tepat sebagai staf Gen Z. Predikat Gen Z sendiri untuk menyebut generasi yang lahir di rentang 1997-2012. 

Pertanyaan yang diajukan oleh Achmad Husein adalah siapa presiden yang akan mereka pilih dan akan memimpin Indonesia di tahun 2024. Awalnya para peserta yang naik di panggung terlihat kurang nyaman dengan pertanyaan tersebut. Wajar, sebab pilihan terkait pemilu sebenarnya bersifat rahasia dan dilindungi undang-undang. 

Namun, Achmad tidak menyerah. Dia menegaskan, mahasiswa harus menjawab dengan jujur. Menjawab dengan kejujuran yang hakiki dan hakikat. Begitu permintaan dari Bupati Banyumas ini. Setelah meminta beberapa kali, akhirnya mahasiswa yang posisinya berada di tengah menjawab dengan mantap. “Izin menjawab, Anies Baswedan Pak,” kata mahasiswa pertama.