Pilgub Lampung 2024: Saat petahana dianggap tak bertaji

Eks Gubernur Lampung Arinal Djunaidi kerap viral karena kinerjanya yang buruk saat memimpin Lampung.

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi (kanan) mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam kunjungan ke SMK Negeri 3 Kota Metro, Lampung, Jumat (27/10/2023). /Foto dok. Pemprov Lampung

Pertarungan politik di Pilgub Lampung 2024 diprediksi bakal diikuti banyak kandidat. Analis politik dari Universitas Lampung Darmawan Purba memperkirakan setidaknya bakal ada empat pasang kandidat yang bertarung memperebutkan kursi penguasa salah satu provinsi termiskin di Indonesia itu. 

Dari Golkar, setidaknya ada dua tokoh yang potensial diusung, yakni eks Gubernur Lampung Arinal Djunaidi dan Hanan A. Rozak. Hanan adalah anggota DPR RI periode 2019-2024 yang kembali melenggang ke Senayan pada Pileg 2024. 

Dari Gerindra, Rahmat Mirzani Djausal digadang-gadang bakal maju, sedangkan dari PDI-P, nama eks Bupati Tulang Bawang Umar Ahmad santer diisukan bakal diusung. Dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), eks Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim dikabarkan siap menjadi penantang Arinal. Ketua DPW NasDem Lampung Herman HN juga digadang-gadang mengincar kursi Lampung 1. 

Darmawan menilai para kandidat punya keunggulan masing-masing. Rahmat Mirzani Djausal, misalnya, unggul pada modal politik dan ekonomi. Adapun Umar Ahmad dinilai punya modal politik dan sosial yang kuat serta akses terhadap modal ekonomi.

"Hanan A Rozak unggul pada modal sosial dan akses modal ekonomi; Chusnunia Chalim unggul pada modal politik dan modal sosial, serta Herman HN memiliki modal politik dan sosial yang tinggi," kata Darmawan kepada Alinea.id, Rabu (23/4).