Pilpres 2024, potensi Airlangga disebut bikin lawan politik khawatir

Pilpres 2024 diprediksi akan lebih menarik karena berpotensi diikuti tiga poros koalisi partai politik.

Ketua Umum DPP Partai Golkar, Airlangga Hartarto. Dokumentasi Setkab

Ketua Umum DPP Partai Golkar, Airlangga Hartarto, diyakini bakal menjadi kuda hitam dan atensi bagi lawan-lawan politiknya dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Alasannya, trennya meningkat meskipun elektabilitasnya hingga kini masih rendah.

"Potensi Airlangga juga sangat mengkhawatirkan sampai hari ini, terutama bagi lawan-lawan politiknya," ucap Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO), Dedi Kurnia Syah, saat dihubungi Alinea, Jumat (11/6).

"Kalau hitungan ini (elektabilitas terus meningkat, red) stabil sampai 2023, misalnya momentum penentuan capres (calon presiden), Airlangga bisa saja menjadi tokoh yang paling populer di masa itu nanti," sambungnya mengingatkan.

Menurutnya, peluang Airlangga untuk maju pun tergolong besar karena dapat diusung Golkar dan koalisinya. Dedi berkeyakinan, Pilpres 2024 bakal dimeriahkan tiga poros.

"Pilpres 2024, saya kira, menjadi momentum titik balik untuk munculnya tokoh di luar dua dominasi. Artinya, ada potensi tiga poros mengemuka di 2024. paling tidak tiga itu muncul dari koalisi PDIP (Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan), kemudian koalisi Golkar, dan koalisi partai menengah," tuturnya.