Survei LSI: Jokowi lebih mempesona emak-emak ketimbang Sandiaga Uno

Narasi keberpihakan terhadap kaum perempuan alias emak-emak kerap digaungkan oleh pasangan nomor urut 02 terutama Cawapres Sandiaga Uno.

Narasi keberpihakan terhadap kaum perempuan alias emak-emak kerap digaungkan oleh pasangan nomor urut 02 terutama Cawapres Sandiaga Uno. Dengan strategi ini, tentunya banyak orang yang mengira bahwa pasangan nomor urut 02 akan banyak mendapatkan dukungan dan keuangan elektorar dari kantong suara perempuan ini. / Facebook

Narasi keberpihakan terhadap kaum perempuan alias emak-emak kerap digaungkan oleh pasangan nomor urut 02 terutama Cawapres Sandiaga Uno. Dengan strategi ini, tentunya banyak orang yang mengira bahwa pasangan nomor urut 02 akan banyak mendapatkan dukungan dan keuntungan elektoral dari kantong suara perempuan ini.

Faktanya malah sebaliknya. Baru-baru ini, Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA merilis survei bahwa arah dukungan emak-emak pada Januari 2019 justru lebih cenderung ke pasangan Jokowi-Ma'ruf.

Peneliti LSI Denny JA Adjie Alfaraby mengatakan, dari hasil survei yang ia lakukan pada Januari 2019, menunjukan pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin unggul jauh di kantong suara emak-emak dari pasangan Prabowo-Sandi, dengan raupan elektoral 57,0% berbanding 27,8%.

"Jokowi-Ma'ruf unggul 57,0% dan Prabowo-Sandi 27,8% dan yang belum memutuskan 15,2%," paparnya dalam rilis survei yang bertajuk "Pergeseran Dukungan Pilpres di Enam Kantong Suara" di Kantor LSI Denny JA, Rawamangun, Jakarta, Kamis (7/2).

Selian itu, Alfaraby juga menjelaskan, pasangan Prabowo-Sandi mengalami tren penurunan di kantong suara pemilih emak-emak, hal itu terekam dalam survei sepanjang Agustus hingga Januari 2019.