Tema debat: Panggung Jokowi, celah serang Prabowo

Prabowo bakal punya banyak peluru untuk menyerang Jokowi.

Pekerja menyiapkan panggung untuk debat kedua Calon Presiden Pilpres 2019 di Hotel Sultan, Jakarta, Jumat (15/2)./Antara Foto

Tema debat soal lingkungan, sumber daya alam, pangan, energi dan infrastruktur diprediksi bakal jadi panggung bagi calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) untuk memaparkan pencapaian pemerintah selama ini. Pada tema infrastruktur, Jokowi bahkan diyakini bakal sulit untuk dikuliti lawan debat. 

"Infrastruktur adalah tema yang Jokowi banget. Jokowi sudah melakukan apa saja dalam membangun infrastruktur sebagai modal membangun ekonomi yang merata," kata pengamat politik Universitas Islam Negeri Jakarta Adi Prayitno saat dihubungi Alinea.id di Jakarta, Minggu (17/2). 

Namun demikian, Adi menyarankan agar Jokowi berhati-hati dalam pemaparan. Jika tak mampu memaparkan pencapaian dengan sistematis, Prabowo berpeluang menyerang dengan isu-isu krusial terkait tema debat. 

"Kalau tak bisa dijelaskan dengan baik akan jadi sasaran kritik Prabowo. Kalau kurang teliti, waktu akan banyak tersita untuk mengklarifikasi isu-isu yang berkembang. Bagi penantang tak perlu ide baru yang penting serang terus," ujar Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia (PPP) itu. 

Dijelaskan Adi, ada banyak isu yang bisa dijadikan peluru oleh Prabowo.  "Jokowi harus siapkan jawaban soal tol Trans Jawa yang mahal, light rail transit (LRT) Palembang yang sepi, inefesiensi anggaran LRT yang mahal, dan lainnya," imbuh dia.