Empat menteri dipanggil Jokowi soal pencapresan di Pilpres 2024, Prabowo dinilai loyal

Dari empat menteri yang dipanggil Jokowi, tiga menteri menyatakan siap maju di Pilpres 2024.

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Presiden RI Jokowi di Istana Negara. Foto: Setkab.go.id.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan telah memanggil dan menanyakan empat menterinya perihal pencalonan di Pilpres 2024. Dari keempat menteri yang dipanggil, tiga menteri menyatakan siap maju. Hanya Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto yang menjawab atas izin Jokowi.

Kabar keempat menteri dipanggil Jokowi itu diungkapkan politikus senior PDI Perjuangan, Panda Nababan, dalam sebuah wawancara di akun Youtube salah satu media.

Keempat menteri itu ialah Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno (Menparekraf), Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, dan Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto. 

Pengamat politik dari Universitas Islam (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Adi Prayitno, berpendapat, jawaban Prabowo kepada Jokowi tak lain sebagai bentuk loyalitasnya sebagai Menteri Pertahanan. Meski peluang menjadi calon presiden sangat besar, namun Adi meyakini Prabowo tidak gegabah dan ingin fokus menuntaskan tanggung jawabnya sebagai Menhan.

"Prabowo tentu menjaga betul image-nya sebagai menteri Jokowi yang tak boleh ada kesan menyambi untuk urusan 2024. Jadi, fokus kerja saja sebagai Menhan," kata Adi saat dihubungi Alinea.id pada Kamis (14/4) malam.