AHY masuk dalam 15 nama capres, Demokrat: Modal awal kami

Benny K Harman nilai tren keterpilihan AHY dalam survei SMRC terbilang baik.

Agus Harimurti Yudhoyono bersama elite partai Demokrat saat bersilaturahmi dengan Kapolri Listyo Sigit/Foto Twitter AHY

Wakil Ketua Umum Partai Demokrat, Benny Kabur Harman, menilai survei calon presiden Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menjadi modal awal bagi pihaknya untuk mengusung Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dalam bursa Capres 2024. Dalam survei itu AHY masuk radar 15 calon presiden dengan meraup 5,2%.

"Ini bagi kami merupakan modal untuk kami bisa melangkah ke depan. Apalagi kami sudah selesai dengan masalah prahara yang barusan menimpa partai kami," kata Benny, dalam konfrensi pers rilis hasil survei SMRC, yang disiarkan secara virtual, Kamis (1/4).

Benny melanjutkan, tren keterpilihan AHY dari hasil survei itu terbilang baik. Pasalnya, Ketua Umum Partai Demokrat itu masuk dalam sejumlah kategori keterpilihan calon presiden. "Terkait calon presiden, walaupun masih lama, tetapi saya melihat tokoh kami Mas AHY itu selalu ada namanya di top of mind, masuk dalam 10 besar juga, kemudian masuk semi tertutup juga ada, bahkan tingkat orang tahu itu masuk 5 besar," kata Benny.

Smentara itu, Ketua DPP PKS, Mardani Ali Sera, menyambut baik sejumlah tokoh yang masuk ke jajaran tertinggi dalam survei SMRC. "Ini masih sangat awal, tetapi Anies Baswedan di antara yang tertinggi dengan Ganjar," kata Mardani.

Terlepas dari itu, Mardani mengapresiasi para calon yang sudah menyatakan lebih awal untuk maju sebagai calon presiden, seperti Giring Ganesha. Menurutnya, calon presiden yang sudah menyatakan diri terlebih dahulu dapat membuat sehat kompetisi.