Amien Rais duga Moeldoko kudeta Demokrat ada 'kedipan lurah'

Inisiator Partai Ummat itu tak merinci sosok 'lurah' yang dimaksudnya dalam video tersebut.

Amien Rais (tengah) dinyatakan telah ke luar dan meninggalkan PAN. Foto Antara/Reno Esnir

Amien Rais menilai, Kepala Staf Presiden (KSP) Moeldoko berani melakukan kudeta Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat tanpa dukungan dari sosok yang disebutnya sebagai 'lurah'.

"Peristiwa Moeldoko, saya tidak mencampuri partai lain, tapi khusus Moeldoko, ini sesuatu yang luar biasa, saya tidak yakin Moeldoko seberani itu tanpa kedipan dari 'lurah' kita itu," kata Amien seperti yang dikutip dalam video yang diunggah di akun YouTube resminya Amien Rais Official, Minggu (14/3).

Namun, inisiator Partai Ummat itu tak merinci sosok 'lurah' yang dimaksudnya dalam video tersebut. Amien lantas mengkritik sikap dari Presiden Joko Widodo (jokowi) yang belum menyatakan sikapnya terkait dualisme kepengurusan Partai Demokrat sampai saat ini.

Mantan Ketua Umum PAN itu juga menyinggung, sudah banyak yang meminta Jokowi agar Moeldoko segera dicopot dari jabatannya sebagai Kepala Staf Presiden.

"Pihak yang tadinya mendukung Pak Jokowi, mengatakan tolong itu cepat dilepas dari jabatan KSP itu, supaya tidak mengotori rezim Jokowi," kata Amien.