Tangani pandemi, Andi Arief sebut Jokowi alami fase "bebek lemah"

Sementara itu, Menko Marves Luhut Pandjaitan tampak terlihat bekerja sendiri. Pun demikian dengan Menkes Budi Gunadi.

Presiden Jokowi. Foto Antara/Hafidz Mubarak A.

Politikus Partai Demokrat, Andi Arief, menyebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam fase "bebek lemah" alias seperti raja yang yang terkungkung dalam istana di tengah lonjakan kasus Covid-19.

"Presiden saat ini alami 'fase bebek lemah' bagai raja terkungkung di Istana menerima laporan saja," cuitnya melalui akun Twitter, @Andiarief__, seperti dikutip alinea.id, Selasa (6/7).

Sementara itu, lanjut Andi, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, terlihat seperti bekerja sendiri. Pun demikian dengan Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, yang dinilainya tak memiliki modal kuat di birokrasi.

"Sementara Pak Luhut dibiarkan marah-marah hingga lelah sendiri, menkes tidak mengakar lemah di birokrasi, hanya pada gubernur yang dipilih langsung rakyat kepercayaan itu sedikit masih ada," sambungnya.

Andi pun menyentil pengerahan TNI/Polri yang untuk mengawasi pelaksanaan pemberlakuan pembatasan masyarakat (PPKM) darurat di sejumlah titik. Dia berharap aparat tidak garang dalam mengadapi warga.