Anies, Andika, dan Ganjar diusung Nasdem sebagai Capres 2024

Rakernas Nasdem tetapkan Anies, Andika Perkasa, dan Ganjar sebagai capres 2024.

Penetapan tiga Capres 2024 dalam Rakernas Nasdem di JCC, Senayan, Jakarta pada Jumat (17/6). Alinea.id/Marselinus Gual.

DPP Partai Nasdem menetapkan tiga bakal calon presiden (capres) yang akan diusung di Pilpres 2024. Ketiganya adalah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Ketiga nama itu merupakan hasil rekomendasi Rakernas Nasdem selama dua hari di JCC Senayan, Jakarta. Ketiga bakal capres itu diumumkan langsung oleh Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh usai menerima rekomendasi rakernas dari Ketua Steering Comittee, Prananda Surya Paloh.

"Pertama, Anies Rasyid Baswedan. Kedua, Muhammad Andika Perkasa dan ketiga Ganjar Pranowo," kata Paloh di JCC, Senayan, Jakarta, Jumat (17/6).

Menurut Surya Paloh, nama yang diucapkan bukan soal urutan, tapi kualifikasinya. Menurut dia, dari ketiga capres tersebut memiliki kualifikasi yang sama di matanya.

"Tiga nama ini adalah pilihan saudara-saudara, pilihan rakernas. Tidak ada yang kurang satu sama lain dari tiga nama ini. Nilainya sama di mata saya sebagai Ketua Umum DPP. Urutan satu dua tiga tapi itu berdasarkan urutan. Kualifikasinya sama dan itulah penghargaan dan komitmen saya kepada saudara-saudara di rakernas," ucapnya.