Anies, Ganjar, dan Prabowo takkan menangi pilpres dalam 1 putaran

Ini berdasarkan hasil survei SMRC yang dipublikasikan pada hari ini (Kamis, 8/9).

Ilustrasi Pilpres 2024. Alinea.id/Dwi Setiawan

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan; Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo; dan Ketua Umum DPP Partai Gerindra, Prabowo Subianto; rutin bertengger di posisi tiga besar calon presiden (capres) 2024. Ini berdasarkan hasil survei sejumlah lembaga.

Berdasarkan riset teranyar Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 bakal berlangsung dua putaran jika ketiganya bersaing. Pangkalnya, tidak ada yang sedikitnya meraih 50% plus 1 suara.

Dalam survei yang dirilis hari ini (Kamis, 8/9), Ganjar mendapat dukungan 44,6%, mengungguli Prabowo (25,7%) dan Anies (21,7%). Sementara itu, sebanyak 8% lainnya memilih tak menjawab atau tidak tahu.

"Selisih suara Prabowo dan Anies tidak signifikan secara statistik sehingga tidak bisa disimpulkan siapa yang lebih unggul dari keduanya," kata Direktur Riset SMRC, Deni Irvani, dalam keterangan tertulisnya.

Dia menambahkan, Ganjar akan keluar sebagai pemenang dengan 56,4% dukungan pada putaran kedua jika bersaing dengan Anies (32,6%). Sebanyak 11% tidak menjawab.