Anies siap hadapi rintangan Pilpres 2024, sindir inkonsistensi pemerintah

Pasangan Anies-Muhaimin Iskandar (Cak Imin) akan mendaftar sebagai kandidat Pilpres 2024 ke KPU, Kamis (19/10).

Capres Anies Baswedan menyatakan siap menghadapi rintangan Pilpres 2024. Ia bahkan menyindir inkonsistensi pemerintah. Alinea.id/Marselinus Gual

Bakal calon presiden Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP), Anies Baswedan, menyatakan, dirinya siap mengarungi Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 sekalipun akan menghadapi tantangan besar. Kesiapsiagaan tersebut pun pernah diutarakannya ketika ditanya Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh.

"Sore itu, dia (Surya Paloh, red) mengatakan, 'Ini besar, ini tidak ringan. Bung Anies siap?'" kata Anies mengulang pernyataan Surya Paloh di Sekretariat DPP Partai NasDem, Kamis (19/10) pagi.

"Saya bilang ke Pak Surya, 'Bismillah, bila ini dijalani sama-sama, bila diniati dengan niat baik dan dengan komitmen bersama, saya insyaallah siap,'" imbuhnya. "Beliau peluk saya di ruangan itu."

Anies melanjutkan, setelah dideklarasikan sebagai capres oleh Partai NasDem, ia mengalami berbagai rintangan. "Gelombang tidak pernah berhenti, menerpa terus-menerus."

Eks Gubernur DKI Jakarta ini lantas menyinggung kondisi pemerintah Indonesia yang banyak menunjukkan inkonsistensi. Atas dasar itu, ia bersama Muhaimin Iskandar (Cak Imin), calon wakil presidennya (cawapres), bertekad mengembalikan kepercayaan publik kepada pemerintah.