Cengkeraman dinasti politik di Pilkada 2024: Dari keluarga Istana hingga trah politik lokal

Tak hanya titipan dari Istana, jagoan-jagoan dari trah politik lokal juga bakal turun ke gelanggang pilkada.

Eks Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany (tengah) berswafoto bersama eks Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (kiri) dan politikus Golkar Nurul Arifin (kanan) di DPP Partai Golkar, Slipi, Jakarta Barat, November 2023. /Foto Instagram @airinrachmidiany

Kandidat-kandidat dari dinasti politik bakal meramaikan perhelatan Pilkada Serentak 2024. Tak hanya "titipan" dari Istana, jagoan-jagoan dari trah politik lokal juga bakal turun ke gelanggang pilkada. Ada yang berstatus istri eks kepala daerah, putra-putri, atau bahkan kerabat dekat para petahana. 

Dari lingkaran Istana, menantu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Bobby Nasution sudah digadang-gadang bakal maju di Pilgub Sumatera Utara (Sumut) 2024. Belum lama ini, Bobby hadir dalam acara pembekalan calon kepala daerah yang diselenggarakan Golkar. 

Menantu Jokowi lainnya yang santer dikabarkan bakal nyalon di Pilkada 2024 ialah Erina Gundono. Erina istri dari Kaesang Pangarep, putra bungsu Jokowi. Erina dibidik untuk maju di Pilbup Sleman. Setali tiga uang, Kaesang juga digadang-gadang bakal dicalonkan di Pilgub DKI Jakarta. 

Di Banten, dinasti Ratu Atut Chosiyah juga masih akan mendominasi pentas pilkada. Andika Hazrumy, putra Ratu Atut, misalnya, hampir pasti maju Pilbup Serang. Politikus Golkar Airin Rachmi Diany bakal maju di Pilgub Banten 2024. Airin ialah istri dari adik Ratu Atut, Wawan. 

Di Kalimantan Timur, dinasti politik keluarga Mas'ud bakal meramaikan kontestasi politik. Setidaknya ada tiga politikus dari keluarga besar Mas'ud yang bakal maju di Pilkada Serentak 2024. Pertama, Ketua DPD Golkar Kalimantan Timur Rudy Mas'ud. Legislator DPR RI itu membidik Pilgub Kalimantan Timur.