Deklarasi dini Anies cs: Siasat relawan amankan tiket para jagoan di Pilpres 2024

Kelompok relawan mulai mendeklarasikan Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan sejumlah tokoh nasional sebagai kandidat di Pilpres 2024.

Ilustrasi deklarasi calon presiden Pilpres 2024. Alinea.id/Aisya Kurnia Dewi

Kelompok relawan Aliansi Nasional Indonesia Sejahtera (ANIES) kembali "beraktivitas". Akhir Oktober lalu, para relawan yang dimotori La Ode Basir itu berkumpul di Gedung Juang 45, Menteng, Jakarta Pusat. Di gedung bersejarah itu, Laode dan rekan-rekannya menyatakan siap mendukung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai calon presiden di Pilpres 2024. 

La Ode menyatakan deklarasi bertajuk "Anies Baswedan for Presiden 2024" itu digelar secara spontan oleh kelompok relawan yang ia koordinir. Tidak ada elite politik yang menyokong atau mendanai deklarasi itu. Deklarasi itu, ia sebut, bahkan digelar tanpa sepengetahuan Anies. 

"Sampai hari ini kami belum merasa perlu untuk berkomunikasi dengan partai. Belum, ya, bukan berarti tidak. Untuk berbicara dengan Anies kita lihat momentumnya. Makanya, saya deklarasi ini supaya Pak Anies tahu dan berkolaborasi dengan relawan," ucap La Ode kepada Alinea.id di Jakarta, belum lama ini. 

ANIES merupakan salah satu kelompok relawan pengusung pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno di Pilgub DKI Jakarta 2017. Menurut La Ode, keputusan untuk mengusung Anies sebagai capres muncul setelah mengevaluasi kinerja Anies di DKI selama empat tahun terakhir. 

"Saat ini, aktivitas kami belum terlalu besar. Ketika kami ketemu kemarin, ya, sudah, saling mempersiapkan diri di sana. Ya, (dana deklarasi) patungan sementara. Deklarasi ini sebagai bentuk sosialisasi Anies juga ke masyarakat yang lebih luas," ujar La Ode. 
 
Meskipun perhelatan Pilpres 2024 masih lama, menurut La Ode, upaya menyosialisasikan Anies sebagai salah satu capres potensial perlu dilakukan sejak jauh-jauh hari. Pasalnya, Anies merupakan salah satu tokoh yang punya elektabilitas tinggi, namun tidak punya partai politik.