Dukung Jokowi, SBY sarankan kampanye di Sulteng ditunda

"Oleh karena itu tindakan cepat Presiden Jokowi untuk berkunjung ke daerah bencana saya nilai tepat," katanya.

Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)./Antara Foto

Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), menyarankan kampanye di Sulawesi Tengah (Sulteng) dihentikan sementara, sehubungan terjadinya musibah gempa dan tsunami di wilayah tersebut. SBY meminta semua pihak bersatu padu dalam membantu masyarakat yang terkena musibah. 

"Saya berpendapat dan menyarankan agar untuk sementara waktu, paling tidak untuk Sulawesi Tengah di Palu, Donggala, dan sekitarnya, kegiatan kampanye pemilu dihentikan," kata SBY dalam video yang diunggah di channel Youtube-nya pada Minggu (30/9).

SBY memiliki kenangan terhadap situasi yang saat ini dihadapi Jokowi. Dia menceritakan pada Pilpres 2009, dirinya dan Jusuf Kalla, menghentikan kampanye dan membantu warga, yang terkena musibah jebolnya bendungan Situ Gintung. 

Begitu juga saat gempa bumi dan tsunami terjadi di Aceh dan Nias. Apalagi saat itu tengah terjadi operasi militer yang dilakukan TNI menghadapi GAM.

Saat itu, SBY menyerukan dilaksanakannya gencatan senjata untuk menghadapi situasi bencana. Setelah itu, sejumlah instansi negara dikerahkan untuk melakukan evakuasi korban dan tanggap darurat.