Effendi Simbolon kembali wacanakan perpanjangan jabatan Jokowi, analis: Kok ngotot!

Isu lama yang sudah meredam ini, kata Jerry, justru diangkat kembali ke publik oleh Effendi.

Anggota Komisi I DPR Effendi Muara Sakti Simbolon dalam rapat Komisi I DPR RI dengan Dewan Direksi LPP TVRI, di Gedung Nusantara II, Senayan, Jakarta, Senin (27/1/2020). Foto: dpr.go.id/Naifuroji/Man

Pakar politik Jerry Massie, mengecam pernyataan politikud senior PDI Perjuangan (PDIP), Effendi Simbolon yang mendukung wacana Presiden Joko Widodo (Jokowi) menambah jabatan tiga tahun. Selain mengecam Effendi Simbolon, Jerry menyarankan agar dewan pertimbangan PDIP memanggil yang bersangkutan.

"Effendi mulai melawan semangat reformasi PDIP yang menolak keras penambahan jabatan. Saya pikir politisi PDIP ini (Effendi Simbolon) perlu dicopot keanggotaaanya," kata Jerry kepada Alinea.id, Senin (8/7).

Menurut Jerry, meski dukungan Effendi Simbolon bersifat pribadi, namun publik menilai pernyataan tersebut dalam kapasitas sebagai politikus PDIP.

"Agak janggal, kok ngotot banget Effendi mendukung perpanjangan masa jabatan. Padahal PDIP sudah mendaftar ke KPU. Sebaiknya dia mendukung langkah PDIP yang sudah daftar untuk Pemilu 2024," ujar Jerry.

Jerry menegaskan, Jokowi sudah berulang kali menyatakan, tak akan menambah jabatannya menjadi tiga periode. Isu lama yang sudah meredam ini, kata Jerry, justru diangkat kembali ke publik oleh Effendi.