Survei SMRC: Elektabilitas Ganjar melaju kencang, Prabowo-Anies stagnan

Dalam setahun terakhir, dalam simulasi tiga nama teratas, Ganjar mengungguli Prabowo dan Anies Baswedan.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Foto: Istimewa.

Survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menyebutkan elektabilitas Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo terus melaju kencang. Sementara elektabilitas pesaing Ganjar, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tidak mengalami perubahan signifikan.

Dalam pemaparan survei, Direktur Riset SMRC Deni Irvani menyebut, suara Ganjar Pranowo pada simulasi semi terbuka dengan daftar 42 nama sebesar 22,5%. Dukungan publik pada Ganjar ini melampaui dukungan pada Prabowo Subianto yang memeroleh suara sebesar 17,5% dan Anies Baswedan 13,2%.

"Nama-nama lain di bawah tiga persen dan masih ada 25,2 persen yang belum menjawab," ujar Deni dalam keterangan pers, Kamis (9/6).

Menurut Deni, Survei ini juga menunjukkan lonjakan dukungan publik pada Ganjar Pranowo dari 8,8% pada survei Maret 2021 menjadi 22,5 % pada survei Mei 2022. Sementara suara pesaing terdekatnya, Prabowo Subianto dan Anies Baswedan, tidak mengalami banyak perubahan dalam satu tahun terakhir. 

Dia mengatakan, suara dukungan pada Prabowo Subianto cenderung menurun, dari 20% (Maret 2021) menjadi 17,5 persen (Mei 2022). Sementara, suara Anies Baswedan sedikit mengalami penguatan dari 11,2% menjadi 13,2% pada periode yang sama.