Elektabilitas Ganjar Pranowo cenderung naik

Dukungan ke Ganjar berhasil reborn setelah Gubernur Jawa Tengah diumumkan sebagai capres oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan.

Bacapres Ganjar Pranowo. Alinea.id/Enrico PW

Elektabilitas Ganjar Pranowo sebagai bakal calon presiden (Capres) 2024 cenderung naik. Hasil survei Indikator Politik Indonesia menyebutkan, dukungan ke Ganjar berhasil reborn setelah Gubernur Jawa Tengah diumumkan sebagai capres oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Politikus senior PDIP Andreas Hugo Pareira menuturkan, survei merupakan potret opini calon pemilih. Maka itu, menurut dia, paling tidak ada dua hal yang harus diperhatikan.

Dia mengungkapkan, dua hal tersebut adalah dinamika isu yang berkembang di masyarakat dan kecenderungan hasil dalam rentang waktu tertentu. “Dari dua aspek ini, kita bisa perhatikan bahwa elektabilitas Ganjar mempunyai kecenderungan yang naik dari waktu ke waktu,” ujar Andreas dihubungi, Jumat (19/5).

Sebelum diumumkan sebagai capres oleh PDIP, elektabilitas Ganjar cenderung terus meningkat berdasarkan sejumlah hasil survei.

“Ini berbeda dengan bakal capres lain yang telah lebih dulu dideklarasikan tetapi elektabilitasnya relatif naik sangat perlahan, stagnan atau bahkan turun,” tuturnya.