Koalisi dengan PAN dan PPP, Golkar tetap usulkan Airlangga sebagai capres

Golkar bersatu dalam koalisi bersama dengan PPP dan PAN. Nama Airlangga sebagai capres akan dibahas di interna koalisi.

Politikus Partai Golkar Ace Hasan Syadzily. Foto: dpr.go.id.

Politikus Partai Golkar Ace Hasan Syadzily menyebut partainya tetap mencalonkan Airlangga Hartarto sebagai calon presiden di Pilpres 2024 meski sudah terbentuk Koalisi Indonesia Bersatu dengan PAN dan PPP. Nama Airlangga sebagai capres dari Golkar akan dibahas dengan petinggi parpol di koalisi.

"Tentu Partai Golkar sendiri sudah memiliki ketetapan untuk menjadikan Aak Airlangga sebagai capres. Tapi tentu itu nanti akan dibicarakan bersama dengan ketum partai koalisi partai lainnya," ujar Ace di komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (30/5).

Ace tidak merincikan kapan nama Airlangga akan dibahas di internal koalisi. Kendati begitu, sebagaimana pernyataan ketua umumnya itu, pembahasan capres dibahas pada tahap-tahap akhir. 

"Pembahasan itu nanti akan dibicarakan. Pak Airlangga menyebut bahwa pembahasan tentang figur capres dan cawapres ini pada jilid terakhir. Kita baru jilid pertama dan kedua. Itu nanti urusan bos-bos," tegas Ace.

Terkait KIB, lanjut Ace, sifat koalisi sangat terbuka dengan hadirnya partai lain bergabung di dalamnya. Dengan ketentuan, tegas Ace, memiliki kesamaan gagasan, ide dan juga strategi dalam pilpres dan pileg dan pilkada pada 2024.