Ganjar minta relawan pendukungnya perhatikan potensi suara gen Z

Permintaan Ganjar kepada para pendukungnya untuk menarik suara Gen Z, ini juga berkolerasi dengan pandangan PDIP.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berbincang dengan mahasiswa Unika Soegijapranata, September 2022. /Foto Instagram @ganjar_pranowo

Ganjar Pranowo mengajak relawan pendukungnya untuk menggarap pemilih dari kalangan generasi Z.  Selain itu mereka yang disebut swing voter, alias pemilih yang belum menentukan pilihan, menurutnya juga perlu mendapat perhatian para relawan untuk didekati.

"Ada swing voters. Suara yang bergeser-geser, yang itu tentu saja punya potensi untuk kita ajak bicara," ujar Ganjar saat berpidato di Rumah Aspirasi Relawan Pemenangan Ganjar Presiden 2024, Jakarta Pusat, Kamis (1/6).

Menurut Ganjar, tugas relawan yang tak kalah penting adalah menarik suara dari generasi Z. Sebab, ceruk pemilih ini juga memiliki suara yang besar.

Generasi Z, kata Ganjar, adalah kelompok yang sangat akrab dengan teknologi seperti YouTuber dan mereka yang biasanya aktif dalam komunitas olahraga seperti komunitas lari dan penghobi sepeda. "Itulah generasi Z yang hari ini butuh mendapatkan tempat," kata Ganjar.

Pileg dan Pilpres 2024 akan serentak digelar pada 14 Februari 2024. Sebelum itu, pendaftaran dan pemilihan capres cawapres dilakukan 19 Oktober 2023-25 November 2023.