Ganjar Pranowo jadi capres pilihan tertinggi versi survei CiGMark

Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan jadi tiga nama terpilih versi survei CiGMark.

Pendiri CiGMark Research and Consultant, Setia Darma dalam konferensi pers hasil survei nasional, Selasa (5/7). Alinea.id/Gempita Surya.

Temuan hasil survei Calon Presiden (Capres) 2024 yang dirilis CiGMark menempatkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan elektabilitas tertinggi, yaitu 14,1%. Di posisi kedua ada Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto dengan 11,7% dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan 9,5%.

Pilihan responden terhadap capres berdasarkan pertanyaan terbuka mengenai capres pilihan pada 2024.

"Dalam pertanyaan terbuka atau top of mind tanpa disodorkan pilihan, nama Ganjar paling menonjol di antara tokoh lainnya," kata Pendiri CiGMark Setia Darma dalam konferensi pers, Selasa (5/7).

Presiden Joko Widodo menempati posisi keempat hasil survei tersebut dengan elektabilitas 4,7%. Kemudian, disusul Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dengan 4,0% di urutan kelima.

Lebih lanjut, Setia juga menguji elektabilitas terhadap 18 tokoh yang menghasilkan empat nama teratas. Ganjar Pranowo berada di atas dengan 24,4%, diikuti Prabowo Subianto 23,0%, Anies Baswedan 15%, dan Ridwan Kamil 9,5%.