Survei Charta Politika: Ganjar Pranowo memiliki elektabilitas tertinggi

Di posisi kedua ada Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto dengan 23,4% dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan 20%.

Ganjar Pranowo (kiri) dan Taj Yasin dipanggul para pendukung merayakan keunggulan dalam hitung cepat Pilkada Jateng 2018. Foto Antara

Temuan survei Charta Politika terhadap 10 tokoh menempatkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan elektabilitas tertinggi, yaitu 31,2%. Di posisi kedua ada Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto dengan 23,4% dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan 20%.

Pilihan terhadap simulasi 10 nama berdasarkan wilayah di Pulau Jawa dan di luar Pulau Jawa, serta pilihan partai politik yaitu PKB, Gerindra, PDIP, Golkar, Nasdem, Berkarya, PKS, Perindo, PPP, PSI, PAN, Hanura, Demokrat, PBB, PKPI, Gelora dan Partai Ummat, dengan pertanyaan, "Jika pemilihan presiden diadakan sekarang, siapa yang akan Bapak/Ibu/Saudara pilih sebagai Presiden diantara nama-nama berikut ini?"

Temuan survei berdasarkan wilayah menunjukkan ada empat wilayah yang menjadi basis dukungan Ganjar Pranowo, yaitu Jawa Tengah dan DI Yogyakarta (69,5%), Bali, NTB dan NTT (48,3%), Jawa Timur (35,3%) serta Maluku dan Papua (32,5%).

Sementara, tingkat elektabilitas Anies Baswedan tertinggi di DKI Jakarta dan Banten (38.0%) serta Sumatera (28.8%). Kemudian, Prabowo Subianto masih kuat di wilayah Kalimantan (40.0%), Sulawesi (37.6%) dan Jawa Barat (33.3%).

Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya mengatakan, temuan ini mengerucut pada tiga nama besar dari 10 tokoh yang disurvei. Ganjar Pranowo masih menempati peringkat tertinggi dengan 36.5%.