Ganjar Pranowo tertinggi survei capres 2024, politikus PDIP: Kinerjanya baik

Hanya saja, Eva tidak ingin hasilnya dikapitalisasi media karena bisa membuat posisi Ganjar berbahaya.

Ilustras. Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo. Foto Antara/Oky Lukmansyah/nz

Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Eva Kusuma Sundari, tak heran jika koleganya Ganjar Pranowo bertengger di puncak sebagai orang yang dijagokan dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Menurut dia, sebagai Gubernur Jawa Tengah (Jateng) itu memiliki kinerja baik.

Terlebih, imbuhnya, Ganjar juga aktif di media sosial dan terbilang responsif sehingga berdampak pada elektabilitas. Hanya saja, dia tak mau hasilnya dikapitalisasi media karena bisa membuat posisi Ganjar berbahaya.

"Jadi ini menurutku, faktor yang signifikan karena mereka bekerja dengan baik untuk mengendalikan Covid-19. Itu yang kemudian dipersepsi masyarakat yang paling pantas untuk menjadi capres," ujarnya dalam diskusi daring, Minggu (25/10).

Dalam survei nasional Indikator Politik Indonesia 24-30 September 2020, Ganjar Pranowo bertengger di pucuk dengan elektabilitas 18,7%. Di bawahnya ada Prabowo Subianto 16,8%, Anies Baswedan 14,4%, Sandiaga Uno 8,8%, Ridwan Kamil 7,6% dan Agus Harimurti Yudhoyono 4,2%.

Kendati demikian, Eva menyampaikan, orientasi ke Pilpres 2024 masih jauh. Dia pun mengatakan, Ganjar juga tahu kalau urusan itu merupakan pembahasan internal partai. "Tapi, yang bisa dilakukan adalah bekerja sebaik mungkin, sebanyak mungkin untuk mengatasi permasalahan yang sekarang," ucapnya.