Golkar bantah KIB akan usung capres pilihan Jokowi

Jokowi disebut-sebut menjagokan Gubenur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPP Golkar Zainudin Amali. Foto: Kominfo.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPP Golkar Zainudin Amali membantah pembentukan Koalisi Indoensia Bersatu (Golkar, PAN, dan PPP) untuk memuluskan rencana capres pilihan Presiden Joko Widodo (Jokowi). 

Jokowi disebut-sebut menjagokan Gubenur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Namun, PDI Perjuangan belum memutuskan siapa yang bakal diusung untuk Pilpres 2024. Adapun Ketua DPP Puan Maharani santer bakal diusung sebagai capres PDIP di Pilpres 2024.  

"Enggak seperti itu. Kasihan Pak Presiden Jokowi. Beliau itu tidak ada instruksi apapun, tidak ada arahan apapun (ke KIB)," ujar Zainudin kepada wartawan, Jumat (10/6). 

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) ini menegaskan bahwa Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) merupakan koalisi yang terbentuk secara orisinil tanpa asa intervensi pihak manapun, tak terkecuali Kepala Negara. 

"Jadi itu alami, alami aja tercipta kerja sama di antara partai-partai. Gak ada campur tangan presiden, saya jamin itu. Pak Presiden tidak ikut campur terhadap kebijakan masing-masing-masing partai," kata dia.