Golkar minta Airlangga dan Agus Gumiwang dipertahankan Jokowi

Golkar dikabarkan bakal mendapatkan jatah empat menteri di kabinet Jokowi.

Ketua Umum Partai Golkar yang juga mantan Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto melambaikan tangan saat meninggalkan Kompleks Istana Kepresidenan di Jakarta, Senin (21/10). /Antara Foto

Wakil Koordinator Bidang Pratama Partai Golkar Bambang Soesatyo (Bamsoet) berharap Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali memilih Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto sebagai salah satu menteri di Kabinet Kerja jilid II. Selain Airlangga, ia juga meminta Agus Gumiwang Kartasasmita turut dipertahankan. 

"Kami sih mengharapkan ketua umum kami (Airlangga Hartarto), kemudian juga Pak Agus Gumiwang menjadi calon menteri," kata Bamsoet kepada wartawan di kompleks Parlemen, Jakarta Pusat, Minggu (21/10).

Airlangga merupakan mantan Menteri Perindustrian (Menperin). Ia menempati posisi tersebut menggantikan Saleh Husin dari Partai Hanura pada 2016. Adapun Agus Gumiwang menggantikan rekan separtai Idrus Marham sebagai Menteri Sosial (Mensos) pada 2018 lalu. 

Golkar dikabarkan bakal mendapatkan jatah empat menteri di kabinet Jokowi. Namun, menurut Bamsoet, ia belum mengetahui siapa saja kader yang bakal ditunjuk Jokowi sebagai menteri. "Untuk nama pastinya saya tidak mau mendahului Pak Jokowi. Kita tunggu saja. Kita serahkan ke Presiden," imbuhnya. 

Lebih jauh, Bamsoet mengatakan, ia tidak mempermasalahkan jika Jokowi akan memilih lebih banyak tokoh muda. "Tantangan ke depan bukan hal mudah. Tapi kalau Pak Presiden tepat memilih menteri-menterinya, maka pekerjaan beliau akan lebih mudah dan lebih ringan merampungkan semua visi dan misi itu," ujar dia.