Samakan Ratna dengan Cut Nyak Dien, Hanum Rais dihadiahi buku sejarah SMP

Pemberian buku dilakukan agar Hanum lebih memahami sosok pahlawan bangsa.

Sekretaris TKN Hasto Kristiyanto (kiri) dan Juru Bicara TKN Meutya Hafidz (kanan) memegang buku sejarah untuk diserahkan kepada Hanum Rais. Alinea.id/Robi Ardianto

Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Maruf Amin akan mengirimkan buku sejarah tentang Pahlawan Nasional Cut Nyak Dien dan Kartini, kepada Hanum Salsabiela Rais. Itu dilakukan karena sebelumnya, putri Amien Rais itu menyamakan Ratna Sarumpaet dengan dua perempuan penyandang gelar pahlawan.

Sekretaris TKN Hasto Kristiyanto mengatakan, pihaknya telah mengantongi buku yang akan diberikan pada Hanum. 

Buku sejarah yang dimaksud adalah buku sejarah sekolah menengah pertama (SMP) dan sebuah buku Kartini.

"Nanti bidang perempuan TKN, sore nanti akan mengirimkan buku sejarah tersebut kepada mbak Hanum Salsabiela Rais, agar memahami betul siapa Cut Nyak Dien dan siapa Ibu Kartini," katanya di Rumah Cemara, Jakarta Pusat, Kamis (4/10). 

Setelah menerima dua buku tersebut, mantan presenter televisi tersebut diharapkan dapat lebih mengenali tokoh pahlawan bangsa, yang menjadi simbolisasi pergerakan dan perjuangan kaum perempuan Indonesia. Jangan sampai, kata Hasto, seorang pahlawan nasional diturunkan kehormatannya hanya karena persoalan politik elektoral.