Hanya yang naif percaya Jokowi bisa netral

Sebagai seorang ayah, Jokowi diyakini bakal mengerahkan beragam upaya untuk memenangkan putra sulungnya di Pilpres 2024.

Presiden Joko Widodo turun dari pesawat kepresidenan. /Foto Instagram @jokowi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginstruksikan agar para penjabat kepala daerah, aparat penegak hukum, dan ASN bersikap netral selama penyelenggaraan pemilu. Jokowi mengancam akan bakal memecat ASN dan penjabat kepala daerah yang tidak netral selama pemilu berlangsung.

Di tengah panasnya suhu politik, Jokowi juga mengundang para bacapres untuk makan bersama di Istana Negara. Ia berpesan tak bakal ikut campur dalam kontestasi Pilpres 2024. 

"Saya mengajak untuk menjaga bersama-sama agar pemilu berjalan dengan damai, tidak ada saling memfitnah, tidak ada kampanye negatif, tidak ada saling menjelekkan, tidak ada saling merendahkan, tetapi adu program," ujar Jokowi. 

Pengamat politik Firman Noor mengatakan hanya orang naif yang percaya Jokowi bisa menjaga netralitas. Sebagai seorang ayah, Jokowi pasti bakal membantu putra sulungnya, Gibran Rakabuming Raka, untuk memenangi Pilpres 2024. 

"Dia jelas pasti turun tanganlah. Tidak mungkin tidak. Tanpa bertentangan, ya. Kan, misalnya, tetap dimintai pendapatnya atau mungkin langkah-langkahnya. Begitu kan? Itu sudah pasti akan seperti itu ya," kata Firman kepada Alinea.id di Jakarta, belum lama ini.