Ikuti Amien Rais, PAN pastikan tetap oposisi

Partai Amanat Nasional (PAN) memastikan tetap berada di kubu oposisi mengikuti saran Amien Rais agar tak bergabung dengan koalisi Jokowi.

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (tengah) menyerahkan potongan nasi tumpeng kepada Ketua Dewan Kehormatan Amien Rais (kiri) disaksikan Sekjen Eddy Soeparno (kanan) saat perayaan HUT ke-21 PAN di Pluit, Jakarta. / Antara Foto

Partai Amanat Nasional (PAN) memastikan tetap berada di kubu oposisi mengikuti saran Amien Rais.

Memang, Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais menyarankan agar partai berlambang matahari itu tidak bergabung dengan koalisi pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin.

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan merespons posisi PAN dalam menuntukan sikap arah politik mendatang. Menurut laki-laki yang kerap dipanggil Zulhas itu, PAN hingga sekarang belum menentukan sikap politiknya.

Hanya saja, dikatakan Zulhas, PAN akan tetap konsisten untuk mendukung pemerintahan Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin. Apapun posisi PAN ke depan, dukungan terhadap program pemerintah harus tetap dilakukan, walaupun sebagai oposisi.

"Saya sudah ngobrol juga sama Pak Amien (Amien Rais), dan saya mengetahui bahwa banyak kader PAN yang ingin jadi oposisi. Jadi kita lihat nanti. Saya sih, apapun saya harus mendengarkan kader-kader PAN," ucap Zulhas usai HUT 21 tahun PAN di daerah Pluit, Jakarta Utara, Jumat (23/8).