Istri petahana di Pilkada 2020: Menang karena kapasitas atau sekadar 'boneka' suami? 

Setidaknya ada empat istri petahana dan satu istri eks kepala daerah yang memenangi Pilkada 2020.

Ilustrasi istri petahana pemenang Pilkada 2020. Alinea.id/Bagus Priyo

Ipuk Fiestiandani mulai tidak sabar menunggu hasil penghitungan suara resmi Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Banyuwangi. Meski sudah unggul, istri dari Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas itu mengaku masih menahan diri untuk merayakan kemenangan di Pilbub Banyuwangi. 

"Kami memilih menunggu hasil rekapitulasi dari KPU meski kami sudah memiliki gambaran positif tentang hasil penghitungan suara di Pilkada Banyuwangi," ujar Ipuk saat dihubungi Alinea.id, Rabu (16/12).

Ipuk maju berpasangan dengan Sugirah di Pilbup Banyuwangi. Bertarung melawan pasangan Yusuf Widyatmoko-Muhammad Riza (Yusuf-Riza), Ipuk-Sugirah tinggal selangkah lagi dinobatkan jadi penguasa di Bumi Blambangan, julukan Banyuwangi. 

Berdasarkan data Sirekap di situs KPU per 16 Desember 2020, Ipuk-Sugirah mengantongi 50,8% suara. Di lain kubu, pasangan Yusuf-Riza baru meraup 49,2%. 

Namun, Sirekap KPU hari ini memastikan pasangan Ipuk-Sugirah memenangi kotestasi elektoral dengan raupan 438.847 suara atau 52,4% dari total suara yang masuk. Pasangan Yusuf-Riza hanya mendapatkan 398.113 suara atau sekitar 47,5%.