Jadi Waketum PSSI, Zainudin serius lepas jabatan menpora

Zainudin Amali terpilih sebagai Waketum I PSSI setelah pesaingnya, Yunus Nusi, mengundurkan diri dari kontestasi.

Zainudin Amali serius lepas jabatan menpora setelah terpilih menjadi Waketum PSSI. Dokumentasi Kemenpora

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, tampaknya serius untuk keluar dari Kabinet Indonesia Maju dan fokus mengurus Federasi Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI). Ini terlihat dari kedatangnnya ke Istana Negara, Jakarta, pada Senin (20/2), dan menemui Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Dalam pertemuan tersebut, Zainudin mengungkapkan, dirinya meminta restu agar tidak lagi memimpin Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). Permintaannya pun dikabulkan Presiden Jokowi.

"Saya sampaikan kepada Bapak Presiden, 'Bapak, saya akan fokus dan konsentrasi mengurus sepak bola, menjadi pengurus PSSI'. Dan itu dipahami oleh beliau. Beliau menyampaikan kepada saya, saya diizinkan untuk konsentrasi dan fokus kepada sepak bola," tuturnya.

"Jadi, beliau (Presiden Jokowi, red) sudah mengizinkan saya untuk fokus dan konsentrasi mengurus sepak bola, mendampingi Pak Erick Thohir, Bu Ratu Tisha, dan teman-teman Exco," imbuhnya.

Zainudin bersama Ratu Tisha Destria terpilih sebagai Wakil Ketua Umum (Waketum) PSSI dalam kongres luar biasa (KLB) di Jakarta, Kamis (16/2). Politikus Golkar ini menjadi pejabat PSSI setelah pesaingnya, Yunus Nusi, mengundurkan diri dari kontestasi.