Janji-janji 'surga' Prabowo, Ganjar, dan Anies

Pasangan kandidat kian berani mengumbar janji politik yang tak masuk akal jelang Pilpres 2024.

Calon presiden Prabowo Subianto berfoto dengan mahasiswa Universitas Gadjah Mada di sela-sela acara Mata Najwa di Yogyakarta, September 2023. /Foto Instagram @prabowo

Menjelang masa kampanye Pilpres 2024, pasangan kandidat kian berani mengumbar janji politik yang tak masuk akal. Teranyar, capres Prabowo Subianto menjanjikan bakal menggratiskan biaya kuliah bagi para mahasiswa perguruan tinggi negeri jika ia dan Gibran Rakabuming Raka memenangi Pilpres 2024. 

"Universitas negeri benar-benar harus kita bikin kalau bisa semuanya enggak bayar... Saya di Kemenhan, saya kasih sekarang (mahasiswa) S1 itu full scholarship," kata Prabowo di acara 'Sarasehan 100 Ekonom 2023' di Jakarta, Rabu (8/11).

Di kubu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN), Cak Imin dan politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) jadi pendengung janji-janji bombastis. September lalu, Cak Imin menjanjikan bakal mendongkrak besaran dana desa hingga Rp5 miliar per desa jika pasangan AMIN memenangi pilpres. 

Sebelumnya, ia juga mengamini pernyataan Wakil Sekretaris Jenderal PKB Syaiful Huda yang mengungkap rencana menggratiskan bahan bakar minyak bagi pengguna sepeda motor. Ia menyebut akan ada subsidi khusus bagi pemotor. 

"Jadi, kalau rakyat yang bekerja di level paling bawah tidak bisa keluar rumah dan tidak mendapatkan transportasi publik yang memadai, mereka bisa menggunakan motor dengan subsidi BBM khusus," ujar Cak Imin.