Jokowi belum buka pintu bagi Gerindra

Jokowi juga membantah koalisi pendukung pemerintah retak.

Presiden terpilih periode 2019-2024 Joko Widodo berjalan memasuki lokasi pertemuan dengan Tim Kampanye Nasional di Jakarta, Jumat (26/7). /Antara Foto

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku belum bisa memutuskan penambahan partai politik baru di Koalisi Indonesia Kerja (KIK). Menurut Jokowi, ia harus mendengarkan pendapat dari para ketua umum parpol di KIK sebelum memutuskan membuka pintu bagi parpol oposisi merapat.

"Kita, partai-partai pendukung kita belum pernah berkumpul berbicara mengenai koalisi. Penambahan (parpol) koalisi belum," kata Jokowi saat menghadiri acara pembubaran Tim Kampanya Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf di Restoran Seribu Rasa, Menteng, Jakarta, Jumat (26/7).

Hingga kini, menurut Jokowi, ia belum pernah bertemu dengan seluruh ketua umum parpol koalisi secara bersamaan. Karena itu, hingga kini ia belum bisa 'membagi kue' kabinet. "Nah, itu belum dibicarakan. Kami ketemu komplit saja belum," kata dia. 

Namun demikian, Jokowi mengatakan, koalisi pendukung pemerintahan sudah cukup kuat di parlemen. Ia pun membantah isu KIK sedang dilanda badai perpecahan. "Saya sampaikan, koalisi baik-baik saja. Solid-solid saja. Solid banget. Lebih solid dari yang sebelumnya. Kalau tanya kekuatan, sudah cukup," ujarnya.

Koalisi Jokowi-Ma'ruf diisukan mulai retak pascapertemuan Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri dan Ketua Umum Gerindra Prabowo di kediaman Megawati, Teuku Umar, Jakarta Pusat, Rabu (24/7) lalu. Pertemuan itu digadang-gadang sebagai sinyalemen membuka peluang bagi Gerindra masuk ke KIK.