Airlangga yakin Jokowi ingin wariskan pembangunan ke parpol pendukung pemerintah

Enam partai pendukung pemerintah, yaitu PDIP, Golkar, Gerindra, PKB, Nasdem, PAN, dan PPP.

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. Foto: twitter.com/golkar_id

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto meyakini, Presiden Joko Widodo hendak mewariskan pembangunan Indonesia kepada enam partai pendukung pemerintah, yaitu PDIP, Golkar, Gerindra, PKB, Nasdem, PAN, dan PPP.

“Tentu Bapak Presiden (Joko Widodo) ingin keberlanjutan pembangunan ini dikawal enam partai yang sekarang mendukung Presiden Joko Widodo dan Wapres Ma’ruf Amin,” katanya di Senayan, Rabu (3/5).

Menurutnya, salah pembangunan adalah mencegah jebakan menengah atau middle income trap. Secara garis besar, middle income trap adalah istilah yang mengacu pada keadaan ketika sebuah negara berhasil mencapai ke tingkat pendapatan menengah, tetapi tidak dapat keluar dari tingkatan tersebut untuk menjadi negara maju.

Dalam Bahasa Indonesia, middle income trap adalah jebakan pendapatan kelas menengah. Istilah ini pertama kali populer setelah setelah dipakai dalam sebuah laporan Bank Dunia yang dirilis pada 2007 berjudul An East Asian Renaissance: Ideas for Economic Growth.

Ia pun tidak ingin seperti Malaysia yang belum lolos kondisi tersebut karena situasi politik yang gonjang-ganjing. Kondisi politik labil, kata Airlangga, karena partai pendukung pemerintah begitu terbatas.