Jokowi pastikan jumlah menteri tak berubah

Masih ada muka lama yang dipertahankan Jokowi di Kabinet Kerja jilid II.

Presiden Joko Widodo (kiri) bersama Wakil Presiden Jusuf Kalla berjalan bersama sebelum acara silaturahmi kabinet kerja di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (18/10). /Antara Foto

Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) mengatakan jumlah menteri di kabinet barunya tidak akan berubah. Namun demikian, ia masih enggan membocorkan siapa saja yang ia pilih untuk membantunya di pemerintahan dalam lima tahun ke depan. 

"Jumlah menteri masih sama," kata Presiden Jokowi usai acara silaturahmi bersama seluruh jajaran menteri Kabinet Kerja jilid I di Istana Negara, Jakarta, Jumat (18/10).

Ia memastikan akan ada menteri Kabinet Kerja I yang masih dipertahankan untuk melanjutkan tugas-tugasnya di pemerintahan. Di sisi lain, ada juga yang bakal bertugas di tempat lain, di antaranya Menko PMK Puan Maharani yang kini menjabat Ketua DPR RI dan Menkumham Yasonna Laoly yang sekarang menjadi anggota DPR RI.

"Nanti setelah diumumkan, nanti semuanya tahu. Siapa yang masuk kabinet dan siapa yang tidak. Pengumumannya mungkin bisa pada hari Minggu (20/10), tapi bisa juga Senin (21/10). Bisa Senin, tapi juga bisa Selasa (22/10)," kata Jokowi. 

Jokowi mengatakan, pemerintah akan fokus meningkatkan kualitas sumber daya manusia pada periode kedua kepemimpinannya. Menurut dia, Indonesia sebagai negara berpenduduk 269 juta jiwa harus memiliki SDM tangguh agar dapat bersaing di pentas global.