Ketum Demokrat AHY sarankan pemerintah 'lockdown'

Lockdown dilakukan sementara guna membatasi pergerakan manusia.

Politisi senior Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (kedua kanan) berjalan memasuki ruangan saat pembukaan Kongres V Partai Demokrat di Jakarta, Minggu (15/3/2020)/Foto Antara/M Risyal Hidayat.

Merespons semakin bertambahnya pasien Coronavirus (Covid-19), Partai Demokrat menyampaikan enam rekomendasi kepada pemerintah dalam menghadapi dan menanggulangi pandemi Covid-19.

Rekomendasi pertama, Demokrat menyarankan pemerintah menerapkan lockdown atau kuncitara (penguncian wilayah sementara) jangka pendek.

"Terutama di kota-kota yang paling berat terinfeksi virus Corona, sampai dianggap aman untuk dibuka kembali," kata Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono melalui pernyataan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat (20/3).

Lockdown, lanjut politisi sapaan akrab AHY ini, dilakukan sementara guna membatasi pergerakan manusia dan menutup arus manusia keluar dan ke dalam sebuah wilayah, namun dengan tetap menjaga kelancaran arus barang, terutama bahan-bahan pokok.

Dengan upaya tersebut, AHY mengharapkan bisa meminimalisasi penyebaran coronavirus dan dibuka kembali bila keadaan dianggap aman.