Ketum Nasdem pastikan hanya ada satu capres maju Pilpres 2024

Dari ketiga nama yang diusung, hanya akan ada satu calon maju dalam Pilpres 2024.

Rakernas Partai Nasdem di JCC, Senayan, Jakarta, Jumat (17/6). Alinea.id/Marselinus Gual.

Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh menegaskan, partainya hanya akan menetapkan satu dari tiga kandidat sebagai bakal calon presiden (capres) di Pilpres 2024.

Paloh sendiri telah membacakan hasil rekomendasi Rakernas Nasdem selama dua hari dengan menetapkan tiga nama sebagai kandidat bakal capres yang diusung partainya. Mereka adalah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

"Kursi presiden hanya satu. Seandainya kursi presiden hanya tiga, ketua umum tidak perlu berpikir lama lagi. Kursi presiden hanya satu. Undang-undang juga memilih presiden hanya satu," ujar Paloh saat membacakan hasil rekomendasi Rakernas Nasdem di JCC Senayan, Jakarta, Jumat (17/6).

Kendati begitu, Paloh tidak menyebutkan secara pasti kapan akan diumumkan kandidat capres yang dimaksud. Menurut dia, pengumuman bakal capres final dari ketiga nama yang ada akan disampaikan pada waktu dan bulan yang tepat. 

Paloh mengatakan, tidak ada hal yang membuat partainya untuk segera mengumumkan kandidat capres tersebut. Namun dipastikan, tegas Paloh, capres tersebut merupakan calon yang terbaik untuk bangsa.